Langsung ke konten utama

Liburan Malah Kesasar? Ini Pentingnya Gali Informasi Sebelum Pergi Liburan


Setiap tempat liburan pastinya punya kesan, tantangan, dan momen tersendiri yang kadang itu buat perjalanan kita selama liburan jadi gak terlupakan. Pastinya juga kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kita meng-eksplor tempat yang bakalan dituju. Dan beruntungnya, di jaman secanggih dan semodern ini kita bisa dengan mudah tau segala sesuatu terkait suatu objek wisata sampai sedetail mungkin, sehingga kita bisa tau seluk-beluk dari medannya, cuacanya, kearifan lokal, sampai “kegiatan apa yang bisa dilakukan” di tempat tujuan wisata. Udah jadi trend kalau sekarang orang-orang mulai mereview atau sharing pengalaman terkait objek-objek pariwisata, mulai dari blog, vlog, sampai short movie ada semuanya, jelas itu memudahkan dan membantu kita buat mengetahui secara rinci tempat yang akan kita datangi. Jadi, gak perlu khawatir lagi kalau kita tersesat, salah bawa baju karena cuacanya, ketipu sama guide yang culas, dan lain sebagainya, semuanya akan sangat jelas ketika kita rajin-rajin buat mem-browsing tempat yang bakalan dituju, hanya tinggal dengan ‘klik’ pakai telunjuk kita segala hal bisa kita ketahui. 

Bisa dibilang iklim wisata di Indonesia ini masih belum mendukung, artinya masih ada beberapa oknum culas yang masih memanfaatkan situasi buat keuntungan pribadinya, terutama buat para wisman alias bule yang berwisata ke nusantara. Ya, jelas dong kalau hal tersebut kadang buat kita kesal, sampai punya stigma kapok buat datang lagi ke tepat tersebut. Berharap sih kalau oknum-oknum culas ini bisa sadar, supaya pariwisata Indonesia bisa makin maju, ramah, nyaman, dan tentunya aman. Makanya penting banget buat kita mencari informasi sedetail mungkin terkait objek-objek wisata buat berlibur.

Baik itu blog, vlog, short movie, atau website-website yang mengulas review tentang pariwisata biasanya diulas secara mendetail terkait kondisi real di tempat wisata tersebut. Sehingga dari pengalaman-pengalaman mereka (review traveler) ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil buat dijadikan bahan pembelajaran kalau suatu hari kita datang ke tempat tersebut. Pastinya diantara media-media tadi ada kekurangan dan kelebihan tersendiri dalam mengulas liburan mereka, kalau itu sih dibalikin lagi ke kitanya sesduai dengan kebutuhan yang mana.

Ada banyak alasan buat kita, sebelum bepergian wisata untuk memcari lebih lanjut terkait tempat wisata yang bakal di eksplor karena itu akan sangat membantu kita untuk meringankan beberapa sumber daya kita yang dikeluarkan selama berlibur.

Efisien Anggaran (Uang)
Dari banyak list yang mesti kita efisiensikan selama liburan adalah anggaran atau duit, terutama buat mereka yang liburan ala backpackeran dengan minim budget. Tentunya uang ini adalah bahan bakar kita selama liburan, kebayangkan kalo kita gak bawa uang kemana-mana pasti bakalan sengsara banget (kecuali bagi mereka yang ‘nekat’). 

Selama liburan, disengaja atau enggak kita akan berusaha untuk menekan seminimal mungkin budget yang dikeluarkan untuk keperluan-keperluan selama liburan. Nah, hal itu bisa kita lakukan kalau kita tau selangkah lebih maju terkait tempat wisata yang bakalan kita datengin. Dengan kita rajin dalam meng-eksplor tempat-tempat wisata sebelum bepergian kita bakalan banyak tau terkait harga normalnya baik dari barang, tiket masuk, biaya akomodasi, rute transportasi paling murah, pusat oleh-oleh yang ramah dompet, hingga biaya keseharian selama liburan bisa kita cari. Karena beberapa pengalaman gue pas liburan, jujur pernah ketipu sama beberapa oknum yang melakukan pungutan liar alias pungli, oknum tersebut bakalan berusaha buat kita yakin kalau mereka itu adalah pegawai resmi dari tempat liburan x, padahal jelas-jelas kalau mereka bukanlah pekerja di tempat liburan x tersebut, ya jelas rugi kan. Intinya, dengan kita tau lebih dalam tentang tempat-tempat yang bakalan dikunjungi, setidaknya kita bakalan terbebas dari penipuan oknum yang mengatasnamakan sesuatu, gak kikuk pas bayar angkutan umum, dan bisa tahu tempat yang mahal dan murah atau dengan kata lain cocok dengan dompet pas lagi liburan. Oleh sebab itu, kita harus menjadi pelancong yang cerdas yakni dengan tahu lebih dalam terkait tempat-tempat wisata sebelum bepergian kesana, karena selain keuntungan kita bisa terbebas dari aksi penipuan kita juga bisa mem-planning budget yang bakalan kita keluarin supaya enggak jebol dompet kita selama liburan dengan cara surfing di dunia maya.

Gue juga ada beberapa trik nih kalau kita mau dapet harga normal atau bahkan dikasih harga miring, yaitu dengan cara menirukan logat bahasa setempat atau pake Bahasa asli daerah tersebut, biasanya sih ampuh kalau kita pakai trik-trik tadi. Soalnya, kita bakalan dikira sebagai warga lokal sekitar yang udah tau tentang tempat itu, wajib dicoba sih yang ini.


Cari tau makanan khasnya yang murah, kalau mahal jangan lupa ditawar pake logat daerahnya biar dikasih murah

Hemat Tenaga dan Waktu
Hemat tenaga dan waktu adalah beberapa keuntungan juga yang bisa didapetin pas liburan kalau sebelumnya kita tau terkait tempat wisatanya. Kenapa bisa gitu? karena dengan kita baca ulasan dan review yang ada di dunia maya, seenggaknya kita punya gambaran apa aja yang mesti kita persiapkan dari jauh-jauh hari. Misalnya kalau di tempat tersebut gak ada kendaraan umum, dan karena sebelumnya kita udah tau, jadi kita gak kikuk lagi mesti tanya-tanya sana-sini atau medannya terjal tapi ada jalan pintas karena kita tau dari internat jelas itu berguna banget buat perjalanan kita. 

Gambaran mengenai kondisi tempat wisata itu penting banget dan perlu kita ketahui sebelumnya, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum pernah datang ke tempat tersebut. Hal tersebut akan berguna karena akan menghindarkan kita dari ketersesatan di jalan, salah bawa baju, ketinggalan transportasi umum, kejebak macet, salah tempat tujuan yang jelas itu bakalan buang-buang waktu dan tenaga kita pas liburan. Jangan sampai niat kita liburan malah apes gegara salah jalan dan tersesat di hutan, enggak benget kan.

Makanya jangan sampai gegabah, pengalaman itu adalah suhu (guru) terbaik dalam kehidupan, bukan cuma pengalaman pribadi aja tapi pengalaman orang juga bisa kita jadikan pelajaran. Dengan banyak cari tau tentang tempat wisata yang dituju, kita bakalan terhindar dari keapesan (seengaknya tau harus naik apa).

Jangan sampai salah naik kendaraan

Tau tempat-tempat baru
Selain itu keuntungan kita menggali lebih dalam tentang tempat tujuan wisata di suau tempat, kita bisa dapetin tempat-tempat baru yang sebelumnya gak ada di list liburan kita. Lumayankan, kalau kita tau tempat-tempat baru yang bisa kita datengin, syukur-syukur kalau itu gratis kan.


Bisa tau spot baru yang anti mainstream

Well, dengan berbagai kemudahan tadi, bukan saatnya lagi buat kita untuk ragu meng-eksplor tempat-tempat baru di dunia, gak mau kan kalau liburan kita hanya dihabiskan sepanjang waktu di kamar hanya dengan gadget. Karena ada banyak tempat yang siap untuk dijajal. Jangan sampai juga kita kehabisan duit, ketipu, atau bahkan kesasar gegara kita gak punya gambaran sama sekali tentang tempat liburan yang bakalan dituju kan. So, penting banget buat kita untuk mengeksplor lebih dalam tentang tempat tujuan wisata yang bakal dijajal selama liburan. Ada banyak pula blog, vlog, dan lain sebagainya yang mengulas banyak tempat liburan dan buat kita lebih paham karakteristik tempat liburan yang akan dikunjungi. Semoga bermanfaat dan SELAMAT LIBURAN!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh lingkungan internasional terhadap kebijakan di Indonesia

Sistem politik merupakan suatu tata cara untuk mengatur atau mengelola bagaimana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan negara, atau negara dengan rakyatnya. Sistem politik pada suatu negara terkadang bersifat relatif, hal ini dipengaruhi oleh elemen-elemen yang membentuk sistem tersebut dan juga faktor sejarah dalam perpolitikan di suatu negara. Salah satu elemen yang membentuk sistem politik adalah lingkungan. Sistem politik di suatu negara sangat dipengaruhi oleh keadaan dalam lingkungannya. Lingkungan mempunyai peranan penting, yakni berupa input, baik itu dalam bentuk tuntutan ataupun dukungan. Melalui teori sistem politik David Easton, menjelaskan lingkungan tersebut terdiri atas intrasocietal dan extrasocietal. Hampir setiap sistem politik akan berinteraksi dengan sistem politik yang lain dalam lingkungan internasional. Namun, lingkungan internasional atau secara teori disebut extrasocieta

Pemberdayaan Gerakan Kepemudaan dalam Mewujudkan Industri Pariwisata yang Menjunjung Kearifan Lokal, Berbudaya, dan Kompetitif

Sebagai negara yang diberikan berbagai macam anugerah, masyarakat Indonesia patut berbangga dan bersyukur. Bagaimana tidak, dengan luas wilayah 1,904,569 km 2 , menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Ditambah dengan lokasi Indonesia di antara dua benua dan dua samudera membuat Indonesia menjadi persimpangan kebudayaan dari Asia dan Australia sehingga Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan tradisi. Anugerah tersebut sudah selayaknya menjadi potensi yang tidak ternilai. Dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, tiap-tiap daerah memiliki ragam corak kebudayaan masing-masing yang tidak ada di daerah lain.  Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap insan di dunia, mengingat Indonesia tiada duanya. Namun, mengingat segala keterbatasan yang ada, Indonesia belum mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki, terutama dalam bidang pariwisata. Berbagai permasalahan klasik diduga menjadi penyebabnya. Mulai dari infrastruktur di daerah yang be

Mengagumi Kemegahan Keraton Kasepuhan Di Cirebon

Melancong ke Cirebon tak lengkap rasanya apabila tak berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Yaps, kota budaya yang terkenal dengan julukan kota udang ini memiliki banyak keraton. Setidaknya ada empat keraton yang terletak di kota Pantura ini. Hal ini menunjukkan bahwa Cirebon merupakan kota dengan sejarah yang begitu panjang.  Keraton Kasepuhan adalah salah satu diantaranya. Letaknya tepat berada di pusat Kota Cirebon, membuatnya sangat mudah untuk ditemukan. Keraton Kasepuhan merupakan keraton yang termegah dan paling terperhatikan kondisinya diantara tiga keraton lainnya. Setiap sudut arsitektur bangunannya sarat akan nilai-nilai filosofis dan mengandung unsur kebudayaan yang begitu dalam, sehingga menimbulkan makna sejarah di masa kini. Dengan dikelilingi pekarangan yang luas dan taman-taman nan indah menghiasi bangunan utama keraton membuat keraton begitu estetika. Dahulu kala, di masa kerajaan-kerajaan berjaya di Nusantara, Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan tempat sul