Langsung ke konten utama

Hal Remeh Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Berkunjung Ke Belitung


Mau berlibur di Belitung untuk menghabiskan waktu? atau sekedar mencari pengalaman baru? Bagi yang pertama kali akan berlibur di Belitung pasti bakalan banyak ngeriset karakteristik Pulau Belitung, mulai dari suhu, cuaca, biaya hidup, transportasi, sampai kearifan lokalnya. Hal tersebut pernah gue alami sebelumnya. Yaps, pergi ke Belitung itu gampang-gampang susah, loh kenapa? apa susahnya? apa gampangnya? Gini loh, kunjungan wisata ke Belitung itu memang seru, karena memang belum banyak orang yang datang kesana (setidaknya bila dibandingkan objek wisata top di Indonesia lainnya) buat kita jadi leluasa berwisata disana, pulaunya pun lengang, dalam artian penduduk lokalnya masih terbilang jarang, jadi sepanjang mata memandang memang kita gak akan lihat kemacetan. Yah kalau bisa dibilang Pulau ini masih perawan dari jamahan wisatawan. Sekalipun memang asik menghabiskan waktu liburan di Pulau “Laskar Pelangi” ini, tapi ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum datang ke tempat eksotis ini. Jangan sampai, niat bersenang-senang selama liburan malah berbalik jadi keapesan. Kadang hal-hal remeh yang begitu sederhana memang terlupakan dari planning sebelum bepergian liburan. Nah, kali ini gue mau ngasih beberapa tips buat kalian yang akan melancong ke Belitung, supaya liburan kalian gak terganggu karena belum matanggnya planning. 

Mesti Bawa Kendaraan Pribadi
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah transportasi. Di Belitung, kehadiran moda transportasi umum bisa dikatakan masih minim banget. Gak seperti di Pulau Jawa, Sumatera, atau Bali, di Belitung gak ada yang namanya angkot alias angkutan kota. Sekalipun ada bis, jumlah armadanya masih amat sangat terbatas dan gak menentu untuk jadwalnya sendiri. Tapi, kalau dari bandara ada taksi konvensional dan bis Damri gratis yang siap mengantarkan penumpangnya ke pusat Kota Tanjungpandan, itupun jumlahnya masih sedikit dan gak sebanding dengan kedatangan penumpang yang lumayan banyak. Tapi, belakangan ini di Belitung udah ada yang namanya taksi online meskipun harga tarifnya lumayan bisa nguras dompet karena memang tempat wisata di Belitung ini jaraknya saling berjauhan satu sama lain, ibarat dari ujung ke ujung. 

Nah pastinya hal ini bakalan jadi masalah banget buat kalian, apalagi kalau enggak pakai agen travel. Maka dari itu, paling enak selama liburan di Belitung lebih baik menyewa kendaraan pribadi yang disesuaikan kebutuhan, baik motor ataupun mobil. Harga sewanya pun lumayan terjangkau. Selain lebih ekonomis, berkendara pakai motor atau mobil pribadi di Belitung itu lumayan seru dan buat kita bebas. Tapi, sebelum bepergian kemana-mana, pastikan kalau kendaraannya dalam keadaan fit dan full tank bensin, karena di sepanjang perjalanan bakalan susah banget buat nyari SPBU atau bengkel. Jangan sampai tiba-tiba kendaraannya mogok di tengah hutan akau kebun kelapa saeit, bisa berabe kan.

Bawa baju-baju tipis
Baju lengan pendek dipadu celana pendek memang cocok banget

Tips kedua sebelum berlibur ke Belitung adalah mempersiapkan baju-baju tipis. Kenapa? Karena Belitung ini dikelilingi oleh pantai, jadi buat cuacanya lumayan ekstrim. Kalau diibaratkan, panasnya bisa nembus sampai tulang. Meskipun dini hari, cuacanya juga ya cukup buat kita abai terhadap selimut. Pokoknya selama di Belitung enggak rekomen buat bawa baju tebal, sweater, atau bahkan mantel. Pastikan juga tempat menginapnya tersedia AC atau kipas angin. Selain itu, karena memang cuacanya panas banget. Selain itu, jangan lupa buat selalu sedia air mineral, supaya enggak dehidrasi pas lagi liburan terutama beraktivitas di luar ruangan.

Pakai sunblock dan kacamata (sunglasses)
Jangan sampai kesilauan

Karena kebayakan di Pulau Belitung ini adalah objek wisata pantai, jangan lupa buat bawa sunblock supaya terhindar dari paparan langsung radiasi matahari terutama selama di luar ruangan. Kacamata (sunglasses) juga jadi barang yang wajib dibawa kemana-mana selama berlibur di Belitung, ya pastinya supaya enggak silau aja.

Cari tempat penginapan yang strategis
Lokasi pemondokan itu menentukan banget selama liburan di Belitung. Jadi, tempat wisata di Belitung seperti Pantai tanjung Kelayang, Replika Sekolah Laskar Pelangi itu lkasinya berjauhan banget, buat kita mesti pintar-pintar milih lokasi penginapan yang strategis. Ini juga berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan keseharian seperti makan, belanja, dan akses lainnya. Nah, paling rekomen itu menginap di pusat kota Tanjungpandan, karena memang aksesnya ada di pusat keramaian Pulau, jadi buat kita mudah untuk kemana-mana.

Pastikan provider kamu punya sinyal
Kehadiran sinyal juga memang penting banget, terutama di era canggih seperti sekarang. Kebayangkan kalau gak ada sinyal, pasti buat kita kesusahan buat ngasih kabar ke sanak keluarga atau sekedar update di media sosial. Di Belitung, gak semua provider tersedia sinyal, seperti provider 3, layanan sinyal tidak tersedia di seluruh daratan Belitung. Nah, jadi buat kamu yang pakai provider tadi, siap-siap buat ganti sementara providernya.

Sesuaikan lidah kamu
Di Belitung yang kebanyakan warganya merupakan nelayan, membuat komoditas utamanya adalah ikan dan tangkapan laut lainnya. Pastinya ikan dan tangkapan laut jadi pilihan utama makanannya. Karena memang di Belitung itu susah banget ditemuin yang namanya peternakan, perkebunan, bahkan pesawahan. Buat, kamu yang enggak suka ikan pasti harus menyesuaikan lidahnya dengan kearifan lokal disana. Memang ada pilihan makanan selain ikan, tapi harganya bisa dikatakan relatif mahal karena langka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh lingkungan internasional terhadap kebijakan di Indonesia

Sistem politik merupakan suatu tata cara untuk mengatur atau mengelola bagaimana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan negara, atau negara dengan rakyatnya. Sistem politik pada suatu negara terkadang bersifat relatif, hal ini dipengaruhi oleh elemen-elemen yang membentuk sistem tersebut dan juga faktor sejarah dalam perpolitikan di suatu negara. Salah satu elemen yang membentuk sistem politik adalah lingkungan. Sistem politik di suatu negara sangat dipengaruhi oleh keadaan dalam lingkungannya. Lingkungan mempunyai peranan penting, yakni berupa input, baik itu dalam bentuk tuntutan ataupun dukungan. Melalui teori sistem politik David Easton, menjelaskan lingkungan tersebut terdiri atas intrasocietal dan extrasocietal. Hampir setiap sistem politik akan berinteraksi dengan sistem politik yang lain dalam lingkungan internasional. Namun, lingkungan internasional atau secara teori disebut extrasocieta

Pemberdayaan Gerakan Kepemudaan dalam Mewujudkan Industri Pariwisata yang Menjunjung Kearifan Lokal, Berbudaya, dan Kompetitif

Sebagai negara yang diberikan berbagai macam anugerah, masyarakat Indonesia patut berbangga dan bersyukur. Bagaimana tidak, dengan luas wilayah 1,904,569 km 2 , menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Ditambah dengan lokasi Indonesia di antara dua benua dan dua samudera membuat Indonesia menjadi persimpangan kebudayaan dari Asia dan Australia sehingga Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan tradisi. Anugerah tersebut sudah selayaknya menjadi potensi yang tidak ternilai. Dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, tiap-tiap daerah memiliki ragam corak kebudayaan masing-masing yang tidak ada di daerah lain.  Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap insan di dunia, mengingat Indonesia tiada duanya. Namun, mengingat segala keterbatasan yang ada, Indonesia belum mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki, terutama dalam bidang pariwisata. Berbagai permasalahan klasik diduga menjadi penyebabnya. Mulai dari infrastruktur di daerah yang be

Mengagumi Kemegahan Keraton Kasepuhan Di Cirebon

Melancong ke Cirebon tak lengkap rasanya apabila tak berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Yaps, kota budaya yang terkenal dengan julukan kota udang ini memiliki banyak keraton. Setidaknya ada empat keraton yang terletak di kota Pantura ini. Hal ini menunjukkan bahwa Cirebon merupakan kota dengan sejarah yang begitu panjang.  Keraton Kasepuhan adalah salah satu diantaranya. Letaknya tepat berada di pusat Kota Cirebon, membuatnya sangat mudah untuk ditemukan. Keraton Kasepuhan merupakan keraton yang termegah dan paling terperhatikan kondisinya diantara tiga keraton lainnya. Setiap sudut arsitektur bangunannya sarat akan nilai-nilai filosofis dan mengandung unsur kebudayaan yang begitu dalam, sehingga menimbulkan makna sejarah di masa kini. Dengan dikelilingi pekarangan yang luas dan taman-taman nan indah menghiasi bangunan utama keraton membuat keraton begitu estetika. Dahulu kala, di masa kerajaan-kerajaan berjaya di Nusantara, Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan tempat sul